Monday, November 10, 2014

Sekedar nulis...

Tulisan ini ku buat saat malam hari menjelang tidur, dengan ditemani rintik-rintik hujan yang membasahi bumi. Ini adalah sebuah renungan...yang ku dapatkan dari berbagai permasalahan yang melanda kehidupanku. Semenjak aku menikah, ada saja cobaan, ujiain, dan masalah yang menerpaku. Kalau dulu sebelum aku nikah, saat mendapat ujian, ibuku selalu menjadi 'sandaran' dalam aku mengambil keputusan. Namun kini, ku harus mengambil keputusan sendiri dan mau tidak mau, ku harus hadapi juga resikonya.

Cobaan, ujian, dan masalah yang ku hadapi adalah cara Allah untuk mengajariku menjadi pribadi yang matang. Alhamdulillaah, Allah mengkaruniai aku seorang istri yang luar biasa. Istriku bisa menjadi pengingatku di saat aku lupa, penyemangatku di saat aku jatuh, dan motivator yang senantiasa memotivasi aku untuk menjadi suami, imam, calon ayah, bagi keluarga kecilku.

Aku jadi ingat firman Allah di dalam Qur'an yang mengatakan bahwa jangan mengau beriman jika belum mendapatkan ujian dari Allah. Ujian pada dasarnya adalah sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah. Aku ingat kisah Nabi Ayyub alaihis salaam, beliau adalah seorang nabi utusan Allah yang sangat taat kepada perintah Allah dan selalu berusaha menjauhi larangan Allah. Beliau diuji oleh Allah dengan cobaan yang bertubi-tubi. Namun beliau tidak pernah menyalahkan siapapun, apalagi menyalahkan Allah. Beliau senantiasa bersyukur dan memuji Allah. Begitu juga ujian yang dialami Rasulullaah Muhammad Sholallaahu alaihi wassallam didalam dakwah menyampaikan risalah Islam untuk semua manusia.Beliau, Muhammad Shollallaahu alaihi wassallam, dididik langsung oleh Allah melalui perantaraan Malaikat Jibril alaihissalam. Beliau adalah Nabi dan Rasul Allah terakhir dan menjadi penutup para nabi.

Ujian, cobaan, dan masalah yang ku hadapi tidaklah ada artinya jika dibandingkan ujian yang diberikan kepada para Nabi dn Rasul. Tak pantas rasanya jika diri ini mengeluh, harusnya diri ini penuh rasa syukur. Dan, semakin kita mendekat kepada Allah, maka ujian yang diberikan kepada kita pun makin besar. Yakinlah, tiada masalah bisa mendatangkan mudharat bagi kita melainkan semua itu atas izin Allah.

No comments:

Post a Comment

Akhir Tahun 2019

Tidak terasa sekarang sudah menginjak akhir tahun 2019 Masehi, waktu terasa begitu cepat, seolah baru kemarin menginjakkan kaki di 2019. Ban...