Friday, April 11, 2014

Banyak Cara Memulai Usaha

Pengangguran di negeri ini sangatlah besar, tidak sebanding dengan lapangan kerja yang tersedia. Ironisnya, pengangguran terbesar dialami oleh lulusan perguruan tinggi. Iming-iming yg ditawarkan berbagai perguruan tinggi sangat menggiurkan. Beberapa perguruan tinggi mengklaim bahwa lulusannya dapat langsung diterima di berbagai perusahaan ternama. Namun kenyataannya tidak seindah yg ditawarkan.

Mengapa para lulusan perguruan tinggi tsb yg tidak diragukan kepandaiannya banyak yg menganggur setelah lulus ? Jawabnya adalah mereka hanya mau bekerja sesuai latar belakang akademis yg telah ditempuh. Kalau mindset ini tidak diubah, sampai tua pun tidak akan pernah bekerja.

Di sini saya, melalui tulisan sederhana ini, ingin berbagi dan membantu para lulusan perguruan tinggi yg menganggur.

Sekarang mari kita buka pikiran kita seluas-luasnya.....Ready?

Dari pada kelamaan nganggur, gimana kalau berbisnis aja? Pasti langsung ada yg nyeletuk, "bisnis ? yg benar aja ? modalnya dari mana ? kerja aja belum..." :)

Woles bro....jangan ngotot ...hehehe... ;)

Bekerja dan mendapatkan income itu gak melulu harus kerja kantoran/kerja tetap. Bisa kok dengan jalan lain, yg insya Allah hasilnya bisa lebih besar dari kerja kantoran. Jalan lain itu adalah dagang. Alasan gak ada modal buat dagang, itu alasan tahun jebot. Kalau emang serius dagang dan belum ada modal, jadi aja reseller, atau pakai sistem dropship, atau Makelar Order. Terus jualnya kemana ? Gampang....jual aja ke tetangga, teman nongkrong, follower di twitter, teman di FB, bikin blog atau website, atau lewat BBM ;) Bahkan ada lho yg kerjanya jualan online sambil tengkurep hasilnya besar :D Bisnis online seperti ini bisa jadi alternatif wanita yg tidak mau berkarir di luar rumah dan lebih memilih mengabdikan hidupnya untuk suami dengan menjadi ibu rumah tangga.

Kalau ada yg nanya, "gimana cari barang dagangan yg bisa dijual ?" Jawabnya, "manfaatin Smartphone utk mencari orang yg bisa dijualin barangnya, dan diskusikan komisinya kalau bisa menjualkan." Intinya adalah belajar dan belajar ;)

Demikian sedikit yg bisa saya share di tulisan ini. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi munculnya wirausahawan-wirausahawab baru. Aamiin.

No comments:

Post a Comment

Akhir Tahun 2019

Tidak terasa sekarang sudah menginjak akhir tahun 2019 Masehi, waktu terasa begitu cepat, seolah baru kemarin menginjakkan kaki di 2019. Ban...