Tuesday, March 4, 2014

Ekonomi = RIBA

    Mengapa saya membuat judul seperti di atas ? Mungkin bagi sebagian besar pembaca berkata dalam hati, "ah...sok penting aja, ngapain mikir ekonomi rakyat..., mikir diri sendiri aja susah..." (hehehe...).
    Memang benar saya bukanlah pejabat atau orang penting. Namun ini semua berangkat dari pengalaman saya sebagai marketing di sebuah koperasi jasa keuangan syariah. Di koperasi tersebut, saya mempelajari banyak hal. Mulai dari akuntansi, manajemen, sampai 'hal yang pribadi' . Kalau 'hal yang pribadi' itu biarlah menjadi rahasia :)
    Koperasi, katanya, melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi merupakan kumpulan beberapa orang untuk mengadakan usaha bersama dan bertujuan menyejahterakan anggotanya,
    Namun, berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya, koperasi sekarang banyak yang menjalankan usahanya seperti sebuah bank, dan modal koperasi berasal dari pemegang saham.
    Yang jadi pertanyaan, apakah koperasi sekarang bisa menjadi soko guru perekonomian bangsa ? Atau telah beralih ke sistem ekonomi kapitalis ?Berikut penjelasannya .
    Koperasi itu tak ubahnya sebuah bank. Bank, Bank Syariah, BPR Syariah, Koperasi Syariah, BMT adalah kumpulan lembaga keuangan berbasis RIBA ! Kalau pun ada yg bilang Bank Syariah dan Koperasi Syariah atau BMT itu berbasis syariah karena menggunakan BAGI HASIL, langsung terang-terangan saya jawab, BOHONG BESAR !!! Dan jika Koperasi sbg soko guru ekonomi rakyat, justru sebaliknya, Koperasi itu mencekik rakyat. Akad dalam lembaga keuangan syariah sejatinya hanyalah kamuflase untuk meng-abu-abu-kan RIBA, Semua lembaga keunagan adalah sama saja.

No comments:

Post a Comment

Akhir Tahun 2019

Tidak terasa sekarang sudah menginjak akhir tahun 2019 Masehi, waktu terasa begitu cepat, seolah baru kemarin menginjakkan kaki di 2019. Ban...