Friday, November 6, 2015

Marketing, profesi menjanjikan

Marketing, istilah ini mungkin tidaklah asing bagi kita. Marketing adalah suatu profesi dengan job description memasarkan produk barang atau jasa suatu perusahaan. Marketing dalam suatu perusahaan diibaratkan sebagai panglima garis depan dalam suatu peperangan, yaitu harus memberikan 'kemenangan' bagi perusahaan supaya produk barang atau jasa diserap oleh konsumen.

Marketing sering dipandang sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat bahkan para fresh graduate pun tidak mau atau enggan jika ada lowongan kerja marketing. Alasan mereka klasik yaitu buat apa sekolah tinggi-tinggi jika akhirnya harus jadi marketing. Mereka inginnya kerja kantoran tanpa harus berpanas-panasan di jalan menawarkan barang atau jasa.

Marketing berasal dari bahasa Inggris, yaitu Market dan ditambah akhiran -ing. Makna harfiah dari Marketing adalah pekerjaan memasarkan suatu produk barang atau jasa dari suatu perusahaan.

Pekerjaan sebagai marketing bukanlah pekerjaan yang hina. Justru malah pekerjaan sebagai marketing itu pekerjaan atau profesi yang sangat menjanjikan. Profesi marketing itu berpotensi menghasilkan pendapatan yang besar, jauh melebihi pendapatan sebagai buruh pabrik. Kebanyakan yang kami tahu, pendapatan marketing itu berdasarkan omzet yang didapat seorang marketing. Makin besar omzet yang didapat, makin besar pula pendapatannya.

Profesi marketing membutuhkan kreativitas. Maka dari itu, kemampuan menggunakan daya imajinasi dan out of the box harus selalu diasah. Profesi marketing itu juga lebih dekat untuk menjadi pengusaha. So, masih ragu untuk berprofesi sebagai marketing?

No comments:

Post a Comment

Akhir Tahun 2019

Tidak terasa sekarang sudah menginjak akhir tahun 2019 Masehi, waktu terasa begitu cepat, seolah baru kemarin menginjakkan kaki di 2019. Ban...